- VISI, MISI DAN TUJUAN SEKOLAH
- Terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan sehat.
- Terlaksananya sekolah adiwiyata mandiri.
- Terlaksananya kegiatan pembinaan keagamaan untuk mewujudkan akhlak yang mulia dan budi pekerti.
- Terlaksananya pengembangan kurikulum satuan pendidikan yang berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi.
- Mewujudkan sekolah sehat yang ramah anak
- Mewujudkan perilaku warga sekolah yang ramah lingkungan, peduli budaya lingkungan dan sumber daya manusia yang berwawasan adiwiyata mandiri.
- Mewujudkan warga sekolah yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
- Mewujudkan kurikulum satuan pendidikan dalam manajemen berbasis sekolah yang tangguh dan kurikulum berbasis lingkungan
- Mewujudkan pendidikan, pembelajaran, dan bimbingan secara aktif, kreatif, inovatif, dan kondusif sesuai dengan IPTEK
- Mewujudkan pendidik dan tenaga kependidikan yang tangguh dan kompetitif.
- Terwujudnya sekolah yang menghasilkan standar kebersihan lingkungan dan kesehatan sekolah Terwujudnya sekolah yang ASRI dan lingkungan berbudaya
- Terwujudnya warga sekolah yang hidup sehat jasmani dan rohani .
- Terwujudnya kegiatan kemitraan atau memprakarsai pengembangan pendidikan lingkungan hidup di sekolah.
- Terwujudnya pengembangan kegiatan kurikuler untuk peningkatan pengetahuan dan kesadaran siswa tentang lingkungan hidup.
- Terwujudnya warga sekolah mengaktualisasikan diri ke dalam elemen kegiatan pokok peserta didik terhadap pengembangan sikap, kemampuan keterampilan , kepekaan kreativitas, cita rasa dan pemecahan masalah, sehingga peserta didik menghasilkan produk dan pengalaman pembelajaran.
- Terwujudnya komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggung jawab dan peran serta berkelanjutan, dimana seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif.
- Terwujudnya kelembagaan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia.
- Terwujudnya pengadministrasian sekolah yang tertib dan akuntable
- Terwujudnya pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar, transfaran dan adil
- Terwujudnya penggalangan dana dengan pihak masyarakat, sponsor dan alumni
- Terwujudnya standar sarana prasarana atau fasilitas yang menunjang pendidikan, standar penggunaan fasilitas kelas untuk bermacam-macam kegiatan belajar-mengajar, dan mengembangkan kemampuan siswa dengan menggunakan alat-alat belajar agar mencapai hasil yang baik.
- Terwujudnya peningkatan prestasi akademik dan non akademik secara berkelanjutan
- Terwujudnya pengembangan materi dan persoalan lingkungan hidup yang ada di masyarakat sekitar
- Terwujudnya standar kompetensi lulusan (SKL) yang memiliki kualitas ilmu dan keterampilan berkelayakan sebagai investasi masa depan.
- Terwujudnya peserta didik sebagai unggulan dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga, dan seni
- Terwujudnya peserta didik untuk mengenali potensi dirinya, sehingga dapat berkembang secara optimal
- Terwujudnya standar berpikir, baik secara individual maupun sosial dalam rangka mengaktualisasikan diri melalui pengetahuan, pengalaman, keterampilan secara terbimbing, dan menunjukan intelegensi yang tinggi ke dalam penjabaran kehidupan masa yang akan datang.
- Terwujudnya personil sekolah menuju peningkatan profesionalisme yang berdasarkan kompetensinya.
- Terwujudnya penggunaan metoda pembelajaran yang mampu mendorong proses perubahan dan penyempurnaan pola laku, membina kebiasaan dan mengembangkan kemahiran untuk menyesuaikan diri lebih efektif, efisien, dan produktif.
- Terwujudnya manusia seutuhnya yang mampu mengembangkan kepribadian, sosialisasi, memiliki daya kreatif, serta tercapainya individu peserta didik yang memiliki kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Untuk terwujudnya Visi dan Misi Sekolah, dari segi prestasi akademik maupun non akademik SMPN 4 Kuningan terus berusaha dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain, baik tingkat kabupaten, provisi bahkan tingkat Nasional. Hal ini terbukti banyak raihan prestasi yang dicapai berupa Piala dan Piagam Penghargaan yang disimpan rapi di tempat penyimpanan.
Salah satu prestasi dan menjadi keunggulan sekolah dibidang budaya lingkungan tingkat nasional yaitu diraihnya penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri pada tanggal 21 Desember 2018, penghargaan tersebut langsung di berikan oleh mentri Lingkungan Hidup di Jakarta. Raihan prestasi tersebut melalui proses yang panjang, diawali tahun 2008 diajukan menjadi Sekolah Berbudaya Lingkungan Tingkat Kabupaten. Pada tahun 2012 meraih penghargaan sebagai Sekolah Berbudaya Lingkungan Tingkat Provinsi Jawa Barat, kemudian dua tahun kemudian tepatnya bulan Desember 2014 meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasioanal dan sejak saat itu diajukan lagi menjadi Sekolah Adiwiyata Mandiri selama 4 tahun kemudian memperoleh penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional tepatnya tangggal 21 Desember 2018.